25/12/12

nikah dibawah 50 jt ?

pernah denger pesta pernikahan yang sampe ratusan juta atau bahkan milyaran ?
lalu apa tanggapan tamu pas dateng ke pesta itu ?
rata-rata jawabannya , "pestanya keren, bagus, meriah, makanan nya enak "
then ... itu standar banget 
kalo harga mahal lalu hasilnya bagus yaaa wajar dong yah ...( kalo mahal tapi ga bagus baru kurang ajar hehee ) 

nah ... apa kabar nih kalo yang ga punya duit ratusan atau milyaran tapi pengen punya pesta nikahan yang tetep keren, bagus, meriah dan makanannya enak ?
kalo dengan dana minim tapi pengen keren, bagus , dll , harus punya effort lebih 
harus rajin browsing , cari DIY things .. intinya kalo bisa buat sendiri ya buat aja 
harus mau ribet


Banyak orang yang menunda menikah karena ga punya cukup modal untuk menikah ,
Di Bandung … rata-rata biaya nikah di tahun 2012 itu sekitar 160-300 jt ( in middle class )
Jadi gimana caranya biar tetep punya pesta yang rame , tapi murah meriah 

1.       Batasi undangan the first step is the hardest step , undangan memang wajib dibatasi demi mencapai biaya nikah yang murah . Semakin sedikit undangan , semakin keciil juga biaya catering, gedung, undangan dan souvenir
2.       No wedding singer  untuk menghemat budget , kita bisa bikin Mp3 isinya wedding song … so you will cut 2.5-5.5 jt
3.       Undangan soft cover , ga usah pake undangan hard cover , cari yang soft cover aja ..motong biaya hampir 50 %
4.       Plan your own wedding , kalo punya budget minim kayanya harus berpusing ria dibanding pake WO , bisa motong sekitar 6-9 jt
5.       Wedding di cafĂ© , selain ga pake sewa tempat (hemat 5-15 jt), kita bisa kasih konsep kaya warung , tamu bisa pilih sendiri menu yang dia mau ( tentu dengan list menu yang udah kita siapin )
6.       sering-sering browsing : DIY wedding ( biasanya banyak ide-ide lucu) 
                        7.       untuk yang di bandung , saya saranin rajin-rajin ke cibadak 
                        8.       be creative 



mari kita hitung kebutuhan mendasar untuk menikah :
 
1. KUA : 750.000
2. Mahar : 5.000.000 ( anggap 10 gr emas ya ) 
3. Cincin kawin : 2.000.000
4. Catering : 50.000 x 300 = 15.000.000 ( ini udah + dekor biasanya)
5. Undangan : 4000 x 150 = 600.000
6. Souvenir : 2500 x 200 = 500.000 ( kita lebihin 50 )
7. Make up + baju : 7.500.000
8.foto + video : 6.000.000
9. MC : 1.000.000
10. Seserahan : 1.000.000
11. Gedung : 6.000.000 --> kalo dirumah bisa gratis kan 
12. biaya tak terduga  :4.500.000
 

pesta dengan budget dibawah 50 jt aja masih bisa bagus loh ....
so dont be afraid about budget if you want to get merried ..

 
 




 

24/12/12

Rainbow wedding


seperti rainbow cake enak yang lagi melejit ,
saya jadi kepikiran tentang rainbow wedding 
its seem to be good and fantastic 
karena semua warna dicampur jadi satu , 
jadi nanti kalo ada yang tanya , tema warna nya apa : warna warni :D
jadi kamu bebas pilih warna gaun pengantin mu , 
atau sengaja di setting warna gaunnya putih tapi sepatunya shocking pink 
lalu pendampingnya warna warni 
dekorasi warna warni , pasti bikin pesta lebih meriah , ga monoton 
rainbow wedding digabung sama suasana pasar malam 
jadi touch tradisionalnya tetep ada ...


ternyata pas search di google udah bnyk orang luar negri yang pake tema rainbow wedding

23/12/12

Love you , Mistah Jack!!!

Time flies ... ga kerasa .. udah 3 bulan lebih saya menikah ( Alhamdulillah..)
hidup pun sudah mulai berubah , mulai terbiasa sharing tempat tidur ( walau selimut masih tarik-tarikan) , mulai hobi banget masak , mulai rajin cuci piring, mulai rapi , mulai mikirin masa depan, mulai rajin nabung ... alhamdulillah semuanya positif

Dulu selalu bingung , pernah juga ragu , apa saya mampu hidup sama dia ? ya .. walau baru 3 bulan , ternyata saya bisa juga ... walau kadang ada tangis sebelum tawa ..
tapi yaaa ... saya merasa sangat bahagia

Ada beberapa hal kecil yang bikin bahagia, salah satunya adalah liat suami benerin cincin yang ada di jarinya , ga tau kenapa , liat dia begitu tuh Happy aja :)

3 bulan ini juga dilalui bukan dengan baik-baik aja , ada marah , ada tangis .. tapi lebih banyak bahagia, banyak juga tawa

seorang teman pernah ngasih saya nasehat :"kalo lagi berantem, dan dua-dua nya sama-sama ngga mau saling minta maaf, inget aja ... kalo yang minta maaf duluan itu surga balesannya "
saya selalu ingat kata-kata itu, alhamdulillah manjur banget



Sekarang Zaki jadi lebih romantis , lebih rajin :)

kami pun partner yang cocok kalo dirumah , ketika saya masak  di dapur dan Zaki enak-enakan nonton tv , kadang terbayar lunas ketika Zaki cuci mobil dan saya nonton gosip hehe ...


walau sekarang statusnya masih LDM , tapi ngga ada halangan yang berarti , we support each other ..


"tak perlu seseorang yang sempurna , cukup temukan orang yang selalu membuatmu bahagia & membuatmu lebih berarti dari siapapun"- B.J Habibie


love you ever after my Jack ..
miss you already

2nd honeymoon di Singapore

Actually that wasn't a real honeymoon ..
karena sebenarnya , jalan-jalan ke singapore ini by accident ... karena saya mendadak dapet training di Batam
yaaaa karena udah di Batam , sayang kalo ngga dilanjutin kan :)

so akhirnya saya berniat pergi kesingapur

disingapore hotel nya lumayan mahal-mahal, kita menginap di Mayo Inn , di daerah bugis

cuma berkat peta dan info sekedarnya , akhirnya kita putar puter singapur juga ..hehe


mau narsis dikit ......

untung bawa tripod, jadi bisa foto berdua di singapore flyer


ga bosen banget liat view ini ..must try sing flyer
xoxo

20/12/12

persiapan punya rumah ...

Rumah ...
tempat nyaman yang selalu dikangenin selepas kerja ...
so far saya dan suami masih numpang dirumah ibu saya .
Setelah cari-cari rumah di beberapa daerah , akhirnya saya dan suami naksir berat pada satu rumah tua di Bandung ...

Selain masalah jual beli yang ribet ( tentu duit juga ribet yaaaaaaa)
saya mulai sibuk cari-cari referensi untuk interior rumah ..
lalu mulai bikin list apa aja yang harus dibeli ketika kita punya rumah baru ( kebayang kan dari mulai keset, sendok garpu, tisu toilet ... random banget yaaa )

tadi siang saya coba bikin list, apa aja ya kira2 barang barang yang jadi premier needs

1. Ruang Tamu

·                     Karpet
·                     Gorden
·                     Keset
·                     Kursi tamu
 

2. Master Bedroom

·                     Ranjang + kasur + bantal + guling
·                     Karpet
·                     Lemari + gantungan baju
·                     Meja Rias
·                     Meja kecil
·                     bed cover


3. Dapur


·                     Kompor
·                     Tabung gas
·                     kulkas
·                     Dinner set
·                     Tea set
·                     Cooking set
·                     Dispenser
·                     Sendok + garpu
·                     tupperware
·                     Cobek
·                     Oven +blender + mixer
·                     kain pengelap
·                     Tong sampah
·                     Nampan
·                     Toples


4. Kamar mandi


·                     Gayung + ember
·                     Alat pembersih toilet
·                     Rak untuk peralatan mandi
 
 


5. Laundry


·                     Mesin cuci
·                     Jemuran
·                     Jepitan baju


6. Lain-lain


·                     Sapu
·                     Lap pel
·                     Pengki
·                     Kemoceng
·                     Tong sampah
·                     Lampu
·                     Gunting rumput
·                     TV


hehehe .... banyak bgt ya .. itu juga belum semua .... 
lalu harus dimulai dari mana yaaaaaaa ...
 ckckckckckck ..... 

help help help

*asli harus nabung nih sodara-sodara 

 
 xoxo

16/12/12

Mahar uang kuno





Mahar dengan nominal uang yang sesuai dengan tanggal nikah itu memang kayanya udah umum banget ya ...
Misalnya nikah di tanggal 02-12-2012 , jadi nominal uangnya bisa 2.122.012 ....
nah nominal 12 rupiah itu yang sekarang udah susah nyarinya 

buat orang bandung , ga perlu bingung kalo mau cari uang-uang kuno , dateng aja ke dekat alun-alun bandung , disitu banyak yang jual uang-uang kuno . 

untuk harga , beda-beda, semakin bagus dan kuno , semakin mahal . 
contoh , uang 12 rupiah ini berharga 100 ribu ... :) , jauh banget ya dari 12 rupiah ke 100 ribu 
tapi kalo liat kualitas uangnya , memang masih mulus .. jadi cukuplah kalo dihargai 100 ribu . 

 saran saya sih kalo ada uang kuno yang dipakai buat mahar lebih baik jangan dilipet2 , nanti kesan kuno nya kurang kelihatan . 


be smart and creative ya teman :)
untuk teman-teman dikota lain , banyak juga yang jualan uang kuno ga yah ?

29/11/12

tips memilih gedung pernikahan

buat para calon pengantin yang lagi pilih-pilih gedung .....
saya punya beberapa tips yang mungkin bisa membantu dalam pemilihan gedung :


1. Budget ( tentukan berapa budget untuk gedung , setelah itu list seluruh gedung dengan range harga kamu ) 

2. Lokasi ( selain easy to access , biasanya gedung itu dekat dengan rumah calon mempelai , boleh dekat dengan rumah calon mempelai perempuan atau dekat dengan rumah pria ) 

3. Kapasitas gedung ( kenapa jumlah undangan itu penting , ya salah satunya karena akan menentukan gedung mana yang pas untuk pesta kamu, kalo terlalu banyak tamu yang diundang padahal kapasitas gedung kecil , pasti akan penuh sesak , begitu pula jika pengunjungnya sedikit sedangkan gedungnya besar banget , pesta kamu akan keliatan sepi )

4.Tempat akad ( ada mesjid atau tempat akad )

5. Keamanan ( penting nih ... coba di cek apa suka banyak penyusup-penyusup yang suka dateng ke pesta, cek nya gimana ?? biasanya suka ada di forum forum diskusi 

6. Parkir ( perlu ada tempat yang lumayan luas untuk menampung seluruh kendaraan tamu ) 

7. Pendingin udara ( kan ga lucu yaaaa penganten nya keringetan ) 

8. Fasilitas lain ( kursi , soundsystem, listrik ) 

9. Sesuaikan dengan tema ( indoor, semi outdoor , atau full outdoor ) 
10. Nearby hotel ( kalo ada tamu-tamu dari luar kota ,hal yang satu ini jadi penting banget ... kebayang kan kalo di deket gedung ga ada satu hotel pun , mereka akan kesusahan ) 



27/11/12

tips memilih atau membuat undangan

Masih inget soal postingan saya tentang undangan ?
kemaren saya sempet jalan-jalan ke pameran wedding , kebetulan ada vendor undangan ...
lalu saya liat harganya memang diatas 7500/pcs
coba kalau kita hitung 7500 x 500 pcs =3.750.000

apalagi undangan sekarang harganya sampai 15000/ pcs
jadi kalo kita pesan sekitar 500 undangan , kita harus merogoh kocek sekitar 7.5 juta

well ... which is ga apa-apa bagi teman-teman yang punya uang lebih , tapi bagi yang dananya pas-pasan , uang sebanyak itu bisa dialihkan untuk keperluan lain .

jadi ?? gimana dong kalo punya dana pas-pasan tapi pengen undangannya tetep lucu dan menarik ?

jawabannya cari vendor undangan yang murah tapi design nya lucu , atau .... undangannya buat sendiri *kaya saya

tips untuk memilih undangan :
1. Pilih undangan yang designnya sederhana
2. Pilih undangan hanya dengan 2-3 variasi warna ( ga usah deh pake foto pengantin di dalamnya , toh nanti orang juga bakal ketemu pengantinnya di resepsi ) , kalo bisa warnanya disesuaikan dengan tema weddingnya
3. I suggest to use soft cover , soft cover juga bisa ko keliatan elegan , namun pastinya dia lebih murah dibanding hard cover
4. sekarang lagi musim undangan hanya 1 lembar bolak balik , itu juga bisa dipake untuk para calon pengantin berbudget minim


tips untuk membuat undangan :
 1. Siapkan mental, karena membuat undangan itu ga sedikit , tapi ratusan
2. Survey bahan , kalo ternyata bahan nya mahal semua , dan jadinya setara dengan harga undangan dipasaran , mendingan beli aja deh undangannya
3. Be creative  ... gunakan bahan-bahan atau barang-barang yang sudah tidak terpakai, selain murah , kita juga ikut melestarikan lingkungan
4. rajin-rajin browsing tentang DIY invitation wedding




happy hunting all ,


xoxo

14/11/12

Deep condolences ...

pertama kali mendengar berita ini , saya merinding lalu terdiam

beberapa hari yang lalu ... saya mendapat berita dari sepupu saya yang hendak menikah , bahwa ada kejadian yang sangat memilukan pada tgl 11 november kemarin. 


pada saat itu , salah satu catering yang sudah ternama dibandung , tidak hadir di 3 acara , hanya ada piring-piring kosong di resepsi 

"melihat tamu membawa piring kosong itu rasanya ingin menjerit. Malu kami dibuatnya, seolah tidak mempersiapkan pesta ini.'ujar oki ----dikutip dari Pikiran Rakyat tgl 14 november 2012 halaman 9 

saya membayangkan alangkah malu dan sedihnya menjadi mempelai dan keluarganya 
saya turut prihatin atas kejadian ini , semoga tidak dialami pasangan lain, siapapun vendornya



satu lagi cerita yang membuat saya sedih , 
sepupu saya yang mau menikah .. 
sudah melakukan down payment ke salah satu perias pengantin , setelah 2 minggu berjalan , 
sang perias membatalkan perjanjian, dengan alasan yang kurang masuk ke logika , padahal sudah DP ... sedangkan perias lain sudah full booked .. 

bukan kah DP itu artinya sudah terikat kontrak ? apa pembatalan secara sepihak itu cukup dengan mengembalikan senilai DP ? 


tips untuk para calon pengantin ..
 mohon diperhatikan term and condition nya ketika deal dengan satu vendor, jangan sampai pengantin jadi korban nya . 


Saya yakin masih banyak vendor baik ko , yang selain mendapat rezeki dari bisnis wedding juga dapet pahala karena turut mensukseskan janji suci sehidup semati 

xoxo

13/11/12

Wedding Acoustic Band

Kalima Band ,
accoustic band yang saya pakai untuk resepsi ..
setelah tawar menawar sama para wedding singer lain , rata-rata budgetnya mahallll bgt ...
akhirnya , suatu hari saya bersama sahabat-sahabat saya makan di satu cafe , dan penyanyinya adalah kalima band,
memang dari jauh terdengar suara penyanyi nya enak bgt , lagu yang dibawain juga lagu-lagu yang pas buat nemenin orang makan ...
lalu, saya minta no tlp band ini ke pemilik cafe   ..
Begitulah cerita saya dengan kalima band , 
 H-1 sebelum pernikahan , saya juga minta beberapa lagu untuk dibawakan , tentu saja dengan request ga ada lagu sedih dan juga lagu dangdut 
kalima team bilang akan ada lagu SPECIAL yang mereka bawakan nanti ... 
ternyata bener .... kalima ngasih saya beberapa lagu yang bikin FLY
sound nya yang sayup-sayup, ga terlalu keras , 
lagu pilihan yang bagus-bagus 
bikin resepsi saya semakin passssss .....


*tips : kalo bisa para tamu ga usah disuruh nyanyi yaa...

xoxo

07/11/12

MC pernikahan Bandung

MC pernikahan adalah salah satu yang hampir terlupakan di nikahan saya , saya baru dapet MC H-1 bulan, and thanks GOD .. masih ada MC yang super kereeen buat nikahan saya.

VIVIE NOVIDIA
penyiar Hard rock FM , yang dulunya mantan penyiar OZ FM , yang punya suara serak-serak banjir
dia lah MC saya , yang mengemas acara pernikahan saya semakin lengkap

lalu kenapa saya pilih mba Vivie Novidia ... ??
karena dari dulu emang setiap pagi sepanjang jalan dari rumah ke sekolah suka dengerin siarannya , dan dia itu yaaaa lucu abis , gokil
sesuai sama tema wedding saya yang "beda" , saya pikir cocok bgt sama karakternya mba vivie ini

memang resepsi saya jadi super meriah dengan ada nya touch dari mba vivie ,
dia juga yang kasih saya saran untuk kasih door prize pas resepsi
dan tau ga ? beberapa hari sebelum acara saya , mba vivie masuk UGD , tapi dia bener2 profesional , masih belum sehat bener aja masih sempet2in meeting H-1 ..

lalu ada sedikit tips buat temen-temen yang mau cari MC ( info ini juga saya dapet dari mba vivie )
1. MC yang handal adalah MC yang punya power yang bisa di-adjust sesuai dengan ruangan
2. Artikulasi baik
3.Intonasi yang melekat sama dengan apa yang diucapkan
4. Ramah dan bisa menguasai crowded nya tamu
5. Good looking , good performance
6. Tau flooring yang tepat ( kapan dia distage pelaminan kapan dia di floor ) *asli mba vivie keliling2 booooo di resepsi saya




thanks alot mba vivie ..... (she's highly recommended )

semoga membantu buat yang lagi pilih-pilih MC
jgn sampe kelupaan kaya saya dulu

xoxo





05/11/12

foto pre wedding edisi heavy duties






yang masih bingung pilih tema pre wedding, mungkin bisa diambil tema tentang pekerjaan , kalo saya dan suami kebetulan sama , sama-sama ngurusin heavy equipment ..


xoxo

01/11/12

Phuket honeymoon review -1

sawasdee kaa...

mari kita review honeymoon saya di Phuket Thailand ;

dari bandung saya pake cipaganti travel ( IDR 105/ pax ) menuju bandara soekarno hatta jakarta terminal-3 
pesawat yang saya gunakan waktu itu Airasia , sebelum terbang kami menyempatkan diri untuk makan bakmie majapahit , karena kalo di pesawat airasia ga dapet makan *hemat ceritanya 
lalu karena saya kelupaan bawa jaket, jadi saya beli cardigan diskonan di counter polo (IDR 199 )

dan... saat nya naik pesawat, jangan lupa siapkan paspor dan juga tiket dengan air port tax ( IDR 150/tiket) , dan satu lagi yang perlu diinget , kita dilarang bawa cairan melebihi 100 ml ke cabin, mulai dari lotion sampai air mineral pun ga boleh ... 
alhamdulillah flight nya lancar , sempet beli minum dipesawat (IDR 24)
setelah turun dari pesawat , saya ga lupa untuk ambil simcard gratis dan beberapa peta phuket 
1. Shuttle transport from airport to Pimnara Hotel
    After landing di phuket ga susah cari jemputan di bandara .. 
    ga jauh dari pintu kedatangan , seseorang dengan tulisan nama saya
    dateng2 dijemput mobil sejenis lancer (kaya mobil balap, lucu) 
    didalam mobil tersedia air minum dingin ..
    sang driver namanya "love" baikkk bgt ... kesan pertama di phuket yang begitu   menggoda

2. Pimnara hotel
    butik hotel yang keren banget , interior disetiap sudut hotel ini sangat menarik 
    di setiap pojoknya bagus buat foto( let me share u latter on yaaa) 
    lokasinya cuma beberapa langkah dari jungceylon mall , dan 100 meter dari banzaan food market . kru nya ramah dan luggage bisa dititip dulu walaupun setelah cek out . 
nikmati sarapan di Dwine cafe , free dari pimnara :) 
toilet stuff di pimnara lucu2 ... saya bawa pulang shampo n body lotion nya hihihiiiii


3. Rayaburi beach club 
    hotel ini hanya beberapa langkah dari patong beach . hotel ini termasuk hotel yang sangat kecil (private hotel ) dengan pemandangan direct to the beach . 
kru nya juga baik banget , kamar nya bersih , nyaman. 
and u know what, dinding kamar mandi nya dari kaca, jadi yang lagi mandi masih tetep bisa nikmati view pantai . 
disadvantages nya , di kamar ga ada pemanas air minum, jadi ga bisa minum air anget malem2 :(  , lalu tepat di sebelah rayaburi sedang ada hotel yang dibangun, jadi ribut dak dik duk ... 
dan hal yang paling pusing adalah hotel rayaburi itu ada 2 di patong, jadi suka ketuker2 ... pulang dari phiphi island drivernya salah anter, malah ke rayaburi yang deket bangla road ..  hehe .. 
*maaf fotonya ga ada , honeymoon ga sempet foto2 hehe

4. James bond & Phi Phi tour 
officially keren banget .. speedboat is highly recommended , dbandingkan boat2 yang lain, di jamesbond tour kita dapet canoe nya ga pake antri jadi lumayan cepet . 
tapi tapi tapi ditengah tour , kita dikasih free shower alias hujan, untung udah bawa jas hujan

untuk yang mabok laut ,jgn lupa minum anti mabok sebelum berangkat , terutama yang mau tour ke phi2 island ,karena perjalanan +- 1 jam , di 711 juga ada kaya semacam rempah2 untuk anti seasick , soalnya kalo udah mabok jadi kurang seru hihiiii ( untung sayah sih udah tahan mental liat yg muntah, kalo ngga pasti pengen muntah juga)

jgn lupa juga bawa sunblock, handuk ( di pimnara + rayaburi udah ada handuk yang ditaro di dalam tas , jadi ready to carry ) , menurutku ga usah bawa payung , rempong 

disarankan bawa permen mint, minuman kesukaan ( karena yang tersedia di boat hanya pepsi dan mineral water ) ,makanan kecil, tissue basah, baju ganti ( hehee saya sama suami itu emang paling banyak bawa barang dibanding penumpang lain, tapi paling well prepare ) 

makan siang kita buffet di resto istri2 nelayan , dijamin halal :) 

note : jgn lupa bilang sama guidenya kalo misalnya ada acara after tour mau ada acara lain

n
pose wajib di james bond island
with a lady boy
khai island-floating jetty
akhirnya foto berdua juga


untuk makanan halal + night show di next review ya...

xoxo